SMS GRATIS

Minggu, 23 Januari 2011

Bahasa Pemrograman Internet

Ada banyak bahasa web yang populer di dunia Internet seperti HTML, DHTML, XML, XHTML, Perl, PHP, ASP, Cold Fusion, dan lain-lain. HTML merupakan framework Internet, hampir semua situs web yang ada menggunakan HTML untuk menampilkan teks, grafik, suara, dan animasinya. Dengan kemudahannya, HTML banyak digunakan. Hal ini memungkinkan seorang intruders untuk mencari vurnerability dari sisi bahasa ini. Ada banyak actions dalam HTML seperti <form>, <form actions>, <form method>, <input>, <apllet>, dan lain-lain.
Turunan dari HTML adalah eXtensible Markup Language (XML) yang lebih bersifat terbatas dibandingkan dengan elemen-elemen HTML yang telah distandarisasi dan ditentukan. Pusat perhatian perluasan elemen ini adalah Document Type Definitions (DTD).
Perl atau Practical Extraction and Report Language merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Perl sangat tangguh dan fleksibel karena ia dapat digunakan untuk menulis program yang bersifat server-side, menjalankan fungsi-fungsi lokal pada suatu sistem, atau digunakan untuk aplikasi standalone.
PHP atau Personal Home Page awalnya digunakan untuk mencatat pengunjung yang membuka halaman tertentu. PHP merupakan bahasa server-side yang paling banyak digunakan untuk membuat aplikasi standalone yang tidak terkait dengan web.
Kelemahan PHP dan Perl sama, yaitu bila script memproses input dari browser web untuk query database seperti sistem(), passthry(), shellxec(),exec(), atau server-side includes (SSI), penyerang dapat melakukan sanitasi variable input untuk mengesekusi yang tidak diinginkan.
Cold Fusion adalah sistem yang dikembangkan oleh Allaire yang memiliki tiga komponen utama: Application Server, Markup Language, dan Studio. CFM serupa dengan HTML yang mempunyai tag yang sangat luas seperti koneksi ke database dan dukungan Post. Kelemahannya, penyerang yang jago dalam pemrograman tidak akan mengalami kesulitan untuk mengetahui isi database dengan perintah query.
ASP (Active Server Page) dibuat oleh Microsoft untuk lingkungan scripting server-side dan diciptakan khusus untuk server-side Internet Information Sistems (IIS). ASP mengkombinasikan HTML, code scripting, VBScript, dan komponen ActiveX server-side untukmenciptakan isi yang dinamis.
Di balik semua itu sudah menjadi rahasia umum bahwa Windows dengen server IIS banyak mempunyai lubang kelemahan yang dapat dimanfaatkan oleh penyusup. ASP hadir dengan dua dasar, yaitu server-side dan client-side. Form server-side hadir dalam bentuk kode-kode ASP dengan tag dan form client-siden-ya dalam bentuk HTML.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar