βlogg€ W€ck€ β@ji®ul
It’s my BLOG
MULTIMEDIA DALAM MASA PENCARIAN
Maraknya berbagai perkembangan multimedia Indonesia dewasa ini dipenuhi dengan berbagai macam kondisi yang positif dan negatif. Perkembangan ini ini sejalan dengan makin meningkatnya kecanggihan teknologi multimedia dan harga yang semakin murah.
Banyaknya beredar video-video mesum adalah sebagian dari ekses negatif multimedia. Akan tetapi tidak sedikit juga dampak positif dari perkembangan multimedia antara lain peralatan pembelajaran yang semakin canggih, karya-karya seni multimedia, presentasi multimedia dan lain sebagainya.
Perkembangan ini menjadikan saling tarik-ulur antara kutub dampak positif dan negatif. Multimedia menjadi suatu alat yang sifatnya netral, perkembangannya tidak dapat dijadikan kambing hitam dari dampak negatif yang terjadi dan perkembangannya pula tidak dapat dijadikan satu-satunya alasan terjadinya dampak positif karena dampak positif ini memerlukan usaha yang besar dari sumber daya manusia dan yang lainnya.
Kecenderungan tarik ulur ini di masa mendatang akan menemukan titik kestabilan apakah akan mengarah ke kutub dampak positif, atau mengarah ke kutub negatif atau bahkan berada stabil di tengah-tengah, artinya kedua dampak tetap kuat berkembang di tengah-tengah masyarakat kita.
Tentunya kita sebagai masyarakat yang beragama, bermoral dan bermartabat, tentunya akan memilih jalan yang terbaik, yakni kutub dampak positif. Dalam hal ini peran pemerintah sangatlah besar. Pemerintah perlu menciptakan regulasi yang tepat, tegas dan jelas yang mengatur permasalah multimedia ini agar perkembangan ke depannya bisa menempati kutub dampak positif dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Indonesia adalah negeri yang sangat kaya dengan berbagai macam budaya luhur, kekayaan alam yang melimpah dan berbagai kelebihan lainnya, tentu saja ini adalah modal besar bangsa Indonesia untuk mengembangkan konten-konten multimedia yang berbasiskan ke-Indonesia-an. Hal ini perlu dilakukan agar Indonesia punya “warna” di peta dunia. Bangsa Indonesia memantabkan jati diri bangsa dengan budaya lokal melalui konten multimedia.
Banyaknya beredar video-video mesum adalah sebagian dari ekses negatif multimedia. Akan tetapi tidak sedikit juga dampak positif dari perkembangan multimedia antara lain peralatan pembelajaran yang semakin canggih, karya-karya seni multimedia, presentasi multimedia dan lain sebagainya.
Perkembangan ini menjadikan saling tarik-ulur antara kutub dampak positif dan negatif. Multimedia menjadi suatu alat yang sifatnya netral, perkembangannya tidak dapat dijadikan kambing hitam dari dampak negatif yang terjadi dan perkembangannya pula tidak dapat dijadikan satu-satunya alasan terjadinya dampak positif karena dampak positif ini memerlukan usaha yang besar dari sumber daya manusia dan yang lainnya.
Kecenderungan tarik ulur ini di masa mendatang akan menemukan titik kestabilan apakah akan mengarah ke kutub dampak positif, atau mengarah ke kutub negatif atau bahkan berada stabil di tengah-tengah, artinya kedua dampak tetap kuat berkembang di tengah-tengah masyarakat kita.
Tentunya kita sebagai masyarakat yang beragama, bermoral dan bermartabat, tentunya akan memilih jalan yang terbaik, yakni kutub dampak positif. Dalam hal ini peran pemerintah sangatlah besar. Pemerintah perlu menciptakan regulasi yang tepat, tegas dan jelas yang mengatur permasalah multimedia ini agar perkembangan ke depannya bisa menempati kutub dampak positif dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Indonesia adalah negeri yang sangat kaya dengan berbagai macam budaya luhur, kekayaan alam yang melimpah dan berbagai kelebihan lainnya, tentu saja ini adalah modal besar bangsa Indonesia untuk mengembangkan konten-konten multimedia yang berbasiskan ke-Indonesia-an. Hal ini perlu dilakukan agar Indonesia punya “warna” di peta dunia. Bangsa Indonesia memantabkan jati diri bangsa dengan budaya lokal melalui konten multimedia.
→ Leave a comment
Video Konferensi dan Video Streaming
Video Konferensi
Konferensi video atau video telekonferensi adalah satu set teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkan dua atau lebih lokasi untuk berinteraksi melalui video dua-arah dan transmisi audio secara bersamaan. ‘Kolaborasi visual’ Ini juga merupakan jenis groupware.Video monitor dihubungkan dengan kabel telepon, teknologi satelit, atau kabel ground yang memungkinkan individu untuk melakukan “tatap muka” hampir dari belahan dunia manapun. konferensi video juga bisa menyertakan gambar, klip video, dan transmisi data atau dokumen.
Teknologi
Teknologi utama yang memungkinkan dalam telekonferensi adalah codec yang melakukan kompresi secara digital terhadap video dan audio. Nilai perbandingan kompresi bisa mencapai 1:500.Komponen lain yang dibutuhkan untuk sistem konferensi video meliputi:
- Video input: kamera video atau webcam
- Video output: monitor komputer, televisi atau proyektor
- Audio input: mikrofon
- Audio output: pengeras suara
- Data transfer: melalui media jaringan telepon analog atau digital, LAN atau Internet
- Sistem terdedikasi mempunyai semua komponen lengkap yang lebih canggih yang dirangkai dalam suatu konsol.
- Konferensi video kelompok besar: non-portabel, besar, perangkat yang digunakan lebih mahal untuk ruangan besar dan auditorium.
- Konferensi video kelompok kecil: non-portabel atau portabel, lebih kecil, perangkat lebih murah yang digunakan untuk ruang rapat kecil.
- Konferensi video individual: biasanya perangkat portabel, dimaksudkan untuk satu pengguna, mempunyai kamera tetap, mikrofon, dan pengeras suara terintegrasi ke dalam konsol.
- Sistem desktop, yaitu komputer pribadi (pc) yang ditambahkan peralatan pendukung video konferensi. Konferensi video dilakukan melalui komputer yang tersebar, dikenal sebagai e-meeting.
Video Streaming
Streaming adalah metode penerimaan dan penayangan langsung sebuah data multimedia dari server penyedia layanan ke user bahkan ketika data sedang / belum selesai dikirimkan. Dengan kata lain transmini data audio atau video digital (mendengar atau melihat) tanpa harus menyimpan / mengambil keseluruhan data terlebih dahulu, sebelum selesai download data digital sudah bisa dilihat atau didengar.Pengertian ini mengacu kepada metode pengiriman bukan kepada media itu sendiri. Semakin cepat koneksi Internet yang kita gunakan, maka akan makin cepat dan lancar pula tayangan tersebut dapat diputar. Contohnya adalah konten yang ada pada situs Youtube dan beberapa situs video atau audio streaming lain yang sejenis. Pada awalnya, format yang digunakan adalah QuickTime Movie (ekstensi .mov), sekarang format yang lebih banyak digunakan ialah Flash Video (ekstensi .flv).
Kesimpulan Pembahasan Video Konferensi dan Video Streaming
Video konferensi atau telekonferensi adalah salah satu bentuk alat komunikasi modern memungkinkan dua pihak atau lebih yang terlibat dalam komunikasi untuk bisa saling melihat satu sama lainnya selain bisa saling mendengarkan suara dari masing-masing pihak secara live. Sedangkan video streaming adalah salah satu metode share / berbagi data multimedia melalui jaringan komputer baik intranet maupun internet.Hal terpenting yang sama antara keduanya adalah sama-sama menggunakan teknologi kompresi yang memungkinkan untuk menghemat bandwidth, meningkatkan kecepatan transfer dan penayangan, dan menghemat media penyimpanan.
Salah satu situs video streaming.
Referensi
http://en.wikipedia.org/wiki/Video_streaminghttp://id.wikipedia.org/wiki/Konferensi_video
http://id.wikipedia.org/wiki/Televisi_Internet
http://www.google.com/
http://www.accenter.com/aboutthecenter/glossary.asp
Tanya Jawab tentang Telematika
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan telematika!
2. Bidang apa saja yang terkait dengan telematika?
3. Pendukung/perangkat apa saja yang digunakan dalam telematika, sebutkan dan jelaskan!
4. Apa keuntungan dan kerugian dari telematika?
1. Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.
2. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
a. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
b. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
c. Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Continue reading
2. Bidang apa saja yang terkait dengan telematika?
3. Pendukung/perangkat apa saja yang digunakan dalam telematika, sebutkan dan jelaskan!
4. Apa keuntungan dan kerugian dari telematika?
1. Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.
2. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
a. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
b. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
c. Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Continue reading
Arti Penting Memahami Keinginan Konsumen
Seorang pemasar yang handal adalah seorang yang mengerti dan paham arti dari memahami konsumen, bukan sebagai sebuah kewajiban semata, tapi mereka memandang lebih dari itu, yakni sebuah kebutuhan dasar.
Profesi ini tidak akan menjadi hebat atau hanya menjadi profesi yang biasa-biasa saja jika mereka yang berada pada profesi ini kurang memahami tentang konsumen.
Beberapa pertanyaan dasar yang penting untuk diketahui sebagai landasan dalam memahami konsumen yaitu:
1. Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen
2. Mengetahui apa selera konsumen
3. Bagaimana konsumen mengambil keputusan
Di zaman teknologi informasi yang semakin canggih ini, para pemasar yang kreatif memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk bisa mendalami apa sebenarnya yang diinginkan konsumen. Cara-cara yang mereka gunakan sangatlah bervariasi, mulai dari yang legal sampai illegal, dari yang gratis sampai yang berbayar, dari yang minta izin sampai yang menjebak, dari software yang bersih sampai software yang mengandung malware. mereka memancing calon konsumen dengan misalnya memberikan materi-materi yang diinginkan konsumen misalnya software freeware, adware, artikel dan lain-lainnya, akan tetapi mereka tidak memberikannya gratis secara total. Biasanya calon konsumen akan memberikan beberapa catatan / informasi yang dibutuhkan sebelum mereka mendapatkan materi yang ditawarkan. Begitulah salah satu trik para pemasar mendapatkan informasi dari calon konsumen. Mereka menggunakan informasi itu baik untuk diri sendiri maupun untuk dijual kepada orang lain.
Contoh lain yang paling ekstrim adalah misalnya: para pemburu informasi konsumen ini memasang link yang sangat menarik (misalnya tentang sesuatu yang sendang tren, atau sesuatu yang membuat orang penasaran dan seterusnya). Akan tetapi link ini ternyata adalah sebuah jebakan yang jika diklik (diikuti) maka tanpa sengaja dan tanpa sepengetahuan dari calon konsumen, telah memberikan izin untuk menginstal software malware. Software ini men-generate / mengintai perilaku dari konsumen dalam mencari informasi di internet dengan menggunakan browser. Software ini secara cerdas menampilkan iklan dari sponsor sesuai dengan tema informasi yang sedang di-browse oleh calon konsumen. Begitulah salah satu contoh cara kotor mendapatkan informasi dari calon konsumen dengan menjebaknya.
Dari sini kita mengetahui betapa penting dan sangat berharganya informasi mengenai perilaku konsumen ini, sampai-sampai para pemburunya menggunakan cara-cara illegal atau kotor dalam mendapatkannya.
Daftar Pustaka
Mumuh Mulyana Mubarak, SE. Consumer Behavior sesi 1
http://bajirul.wordpress.com/
Profesi ini tidak akan menjadi hebat atau hanya menjadi profesi yang biasa-biasa saja jika mereka yang berada pada profesi ini kurang memahami tentang konsumen.
Beberapa pertanyaan dasar yang penting untuk diketahui sebagai landasan dalam memahami konsumen yaitu:
1. Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen
2. Mengetahui apa selera konsumen
3. Bagaimana konsumen mengambil keputusan
Di zaman teknologi informasi yang semakin canggih ini, para pemasar yang kreatif memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk bisa mendalami apa sebenarnya yang diinginkan konsumen. Cara-cara yang mereka gunakan sangatlah bervariasi, mulai dari yang legal sampai illegal, dari yang gratis sampai yang berbayar, dari yang minta izin sampai yang menjebak, dari software yang bersih sampai software yang mengandung malware. mereka memancing calon konsumen dengan misalnya memberikan materi-materi yang diinginkan konsumen misalnya software freeware, adware, artikel dan lain-lainnya, akan tetapi mereka tidak memberikannya gratis secara total. Biasanya calon konsumen akan memberikan beberapa catatan / informasi yang dibutuhkan sebelum mereka mendapatkan materi yang ditawarkan. Begitulah salah satu trik para pemasar mendapatkan informasi dari calon konsumen. Mereka menggunakan informasi itu baik untuk diri sendiri maupun untuk dijual kepada orang lain.
Contoh lain yang paling ekstrim adalah misalnya: para pemburu informasi konsumen ini memasang link yang sangat menarik (misalnya tentang sesuatu yang sendang tren, atau sesuatu yang membuat orang penasaran dan seterusnya). Akan tetapi link ini ternyata adalah sebuah jebakan yang jika diklik (diikuti) maka tanpa sengaja dan tanpa sepengetahuan dari calon konsumen, telah memberikan izin untuk menginstal software malware. Software ini men-generate / mengintai perilaku dari konsumen dalam mencari informasi di internet dengan menggunakan browser. Software ini secara cerdas menampilkan iklan dari sponsor sesuai dengan tema informasi yang sedang di-browse oleh calon konsumen. Begitulah salah satu contoh cara kotor mendapatkan informasi dari calon konsumen dengan menjebaknya.
Dari sini kita mengetahui betapa penting dan sangat berharganya informasi mengenai perilaku konsumen ini, sampai-sampai para pemburunya menggunakan cara-cara illegal atau kotor dalam mendapatkannya.
Daftar Pustaka
Mumuh Mulyana Mubarak, SE. Consumer Behavior sesi 1
http://bajirul.wordpress.com/
Penjelasan Singkat tentang Profesi
Pengertian Profesi
Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer, teknik dan desainer
Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer, teknik dan desainer
Seseorang yang memiliki suatu profesi tertentu, disebut profesional. Walaupun begitu, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dari amatir. Contohnya adalah petinju profesional menerima bayaran untuk pertandingan tinju yang dilakukannya, sementara olahraga tinju sendiri umumnya tidak dianggap sebagai suatu profesi. Continue reading
Metode Audit Teknologi Informasi
Definisi umum dari audit adalah melakukan evaluasi terhadap orang, organisasi, sistem, proses, perusahaan, proyek atau produk. Istilah ini paling sering merujuk pada audit di bidang akuntansi, tapi konsep serupa juga ada pada manajemen proyek, manajemen mutu, dan untuk konservasi energi.
Karakteristik dalam kegiatan auditing antara lain:
- Objektif: independen yaitu tidak tergantung pada jenis atau aktivitas organisasi yang diaudit
- Sistematis: terdiri dari tahap demi tahap proses pemeriksaan
- Bukti yang memadai: mengumpulkan, mereview, dan mendokumentasikan kejadian-kejadian
- Kriteria: untuk menghubungkan pemeriksaan dan evaluasi bukti–bukti
Jenis-jenis Profesi
Berbagai jenis profesi dalam tataran kehidupan sosial manusia modern, antara lain:
- Akuntan
- Aktuaris
Masalah Pokok Ekonomi
Berdasarkan pada keterbatasan pada sumber daya yang ada maka manusia harus memilih barang-barang mana yang perlu dihasilkan agar mendapatkan hasil kepuasan yang maksimum. Karenanya, timbullah 3 masalah-masalah pokok ekonomi berikut ini:
- Barang dan jasa apa yang akan dihasilkan (what).
- Bagaimana barang dan jasa itu dihasilkan (how).
- Untuk siapa barang dan jasa itu dihasilkan (for whom).