MULTIMEDIA DALAM MASA PENCARIAN

Maraknya berbagai perkembangan multimedia Indonesia dewasa ini dipenuhi dengan berbagai macam kondisi yang positif dan negatif. Perkembangan ini ini sejalan dengan makin meningkatnya kecanggihan teknologi multimedia dan harga yang semakin murah.
Banyaknya beredar video-video mesum adalah sebagian dari ekses negatif multimedia. Akan tetapi tidak sedikit juga dampak positif dari perkembangan multimedia antara lain peralatan pembelajaran yang semakin canggih, karya-karya seni multimedia, presentasi multimedia dan lain sebagainya.
Perkembangan ini menjadikan saling tarik-ulur antara kutub dampak positif dan negatif. Multimedia menjadi suatu alat yang sifatnya netral, perkembangannya tidak dapat dijadikan kambing hitam dari dampak negatif yang terjadi dan perkembangannya pula tidak dapat dijadikan satu-satunya alasan terjadinya dampak positif karena dampak positif ini memerlukan usaha yang besar dari sumber daya manusia dan yang lainnya.
Kecenderungan tarik ulur ini di masa mendatang akan menemukan titik kestabilan apakah akan mengarah ke kutub dampak positif, atau mengarah ke kutub negatif atau bahkan berada stabil di tengah-tengah, artinya kedua dampak tetap kuat berkembang di tengah-tengah masyarakat kita.
Tentunya kita sebagai masyarakat yang beragama, bermoral dan bermartabat, tentunya akan memilih jalan yang terbaik, yakni kutub dampak positif. Dalam hal ini peran pemerintah sangatlah besar. Pemerintah perlu menciptakan regulasi yang tepat, tegas dan jelas yang mengatur permasalah multimedia ini agar perkembangan ke depannya bisa menempati kutub dampak positif dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Indonesia adalah negeri yang sangat kaya dengan berbagai macam budaya luhur, kekayaan alam yang melimpah dan berbagai kelebihan lainnya, tentu saja ini adalah modal besar bangsa Indonesia untuk mengembangkan konten-konten multimedia yang berbasiskan ke-Indonesia-an. Hal ini perlu dilakukan agar Indonesia punya “warna” di peta dunia. Bangsa Indonesia memantabkan jati diri bangsa dengan budaya lokal melalui konten multimedia.

Video Konferensi dan Video Streaming

Video Konferensi

Konferensi video atau video telekonferensi adalah satu set teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkan dua atau lebih lokasi untuk berinteraksi melalui video dua-arah dan transmisi audio secara bersamaan. ‘Kolaborasi visual’ Ini juga merupakan jenis groupware.
Video monitor dihubungkan dengan kabel telepon, teknologi satelit, atau kabel ground yang memungkinkan individu untuk melakukan “tatap muka” hampir dari belahan dunia manapun. konferensi video juga bisa menyertakan gambar, klip video, dan transmisi data atau dokumen.

Teknologi

Teknologi utama yang memungkinkan dalam telekonferensi adalah codec yang melakukan kompresi secara digital terhadap video dan audio. Nilai perbandingan kompresi bisa mencapai 1:500.
Komponen lain yang dibutuhkan untuk sistem konferensi video meliputi:
  • Video input: kamera video atau webcam
  • Video output: monitor komputer, televisi atau proyektor
  • Audio input: mikrofon
  • Audio output: pengeras suara
  • Data transfer: melalui media jaringan telepon analog atau digital, LAN atau Internet
Pada dasarnya ada dua jenis sistem konferensi video:
  1. Sistem terdedikasi mempunyai semua komponen lengkap yang lebih canggih yang dirangkai dalam suatu konsol.
    1. Konferensi video kelompok besar: non-portabel, besar, perangkat yang digunakan lebih mahal untuk ruangan besar dan auditorium.
    2. Konferensi video kelompok kecil: non-portabel atau portabel, lebih kecil, perangkat lebih murah yang digunakan untuk ruang rapat kecil.
    3. Konferensi video individual: biasanya perangkat portabel, dimaksudkan untuk satu pengguna, mempunyai kamera tetap, mikrofon, dan pengeras suara terintegrasi ke dalam konsol.
  2. Sistem desktop, yaitu komputer pribadi (pc) yang ditambahkan peralatan pendukung video konferensi. Konferensi video dilakukan melalui komputer yang tersebar, dikenal sebagai e-meeting.
T3 Telepresence high definition conference room; c. 2008 Courtesy of Corporation”

Video Streaming

Streaming adalah metode penerimaan dan penayangan langsung sebuah data multimedia dari server penyedia layanan ke user bahkan ketika data sedang / belum selesai dikirimkan. Dengan kata lain transmini data audio atau video digital (mendengar atau melihat) tanpa harus menyimpan / mengambil keseluruhan data terlebih dahulu, sebelum selesai download data digital sudah bisa dilihat atau didengar.
Pengertian ini mengacu kepada metode pengiriman bukan kepada media itu sendiri. Semakin cepat koneksi Internet yang kita gunakan, maka akan makin cepat dan lancar pula tayangan tersebut dapat diputar. Contohnya adalah konten yang ada pada situs Youtube dan beberapa situs video atau audio streaming lain yang sejenis. Pada awalnya, format yang digunakan adalah QuickTime Movie (ekstensi .mov), sekarang format yang lebih banyak digunakan ialah Flash Video (ekstensi .flv).

Kesimpulan Pembahasan Video Konferensi dan Video Streaming

Video konferensi atau telekonferensi adalah salah satu bentuk alat komunikasi modern memungkinkan dua pihak atau lebih yang terlibat dalam komunikasi untuk bisa saling melihat satu sama lainnya selain bisa saling mendengarkan suara dari masing-masing pihak secara live. Sedangkan video streaming adalah salah satu metode share / berbagi data multimedia melalui jaringan komputer baik intranet maupun internet.
Hal terpenting yang sama antara keduanya adalah sama-sama menggunakan teknologi kompresi yang memungkinkan untuk menghemat bandwidth, meningkatkan kecepatan transfer dan penayangan, dan menghemat media penyimpanan.

Salah satu situs video streaming.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Video_streaming
http://id.wikipedia.org/wiki/Konferensi_video
http://id.wikipedia.org/wiki/Televisi_Internet
http://www.google.com/
http://www.accenter.com/aboutthecenter/glossary.asp

2D CODE

Dari Bar Code Ke 2D Code
Barcode menjadi populer karena kecepatan pembacaannya, akurasinya, dan karakteristik fungsi superiornya.
Ketika barcode menjadi populer dan terkenal secara universal, pasar kemudian berkembang dan membutuhkan kode yang mampu menyimpan lebih banyak informasi, tipe karakter, dan harus dicetak dengan ukuran yang lebih kecil.
Akhirnya, berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan jumlah informasi yang tersimpan oleh barcode, seperti meningkatkan jumlah digit barcode atau menampilkan barcode berlapis.
Perkembangan tersebut menyebabkan masalah baru seperti area barcode yang melebar (barcode menjadi lebih besar), operasi pembacaan yang rumit dan biaya cetak meningkat.
Kemudian 2d code diciptakan untuk merespon kebutuhan dan permasalahan ini.

2d code berkembang dari metode stacked barcode dengan metode matriks densitas informasi yang meningkat. Continue reading

Tanya Jawab tentang Telematika

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan telematika!
2. Bidang apa saja yang terkait dengan telematika?
3. Pendukung/perangkat apa saja yang digunakan dalam telematika, sebutkan dan jelaskan!
4. Apa keuntungan dan kerugian dari telematika?
1. Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.
2. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
a. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
b. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
c. Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Continue reading

Arti Penting Memahami Keinginan Konsumen

Seorang pemasar yang handal adalah seorang yang mengerti dan paham arti dari memahami konsumen, bukan sebagai sebuah kewajiban semata, tapi mereka memandang lebih dari itu, yakni sebuah kebutuhan dasar.
Profesi ini tidak akan menjadi hebat atau hanya menjadi profesi yang biasa-biasa saja jika mereka yang berada pada profesi ini kurang memahami tentang konsumen.
Beberapa pertanyaan dasar yang penting untuk diketahui sebagai landasan dalam memahami konsumen yaitu:
1. Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen
2. Mengetahui apa selera konsumen
3. Bagaimana konsumen mengambil keputusan
Di zaman teknologi informasi yang semakin canggih ini, para pemasar yang kreatif memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk bisa mendalami apa sebenarnya yang diinginkan konsumen. Cara-cara yang mereka gunakan sangatlah bervariasi, mulai dari yang legal sampai illegal, dari yang gratis sampai yang berbayar, dari yang minta izin sampai yang menjebak, dari software yang bersih sampai software yang mengandung malware. mereka memancing calon konsumen dengan misalnya memberikan materi-materi yang diinginkan konsumen misalnya software freeware, adware, artikel dan lain-lainnya, akan tetapi mereka tidak memberikannya gratis secara total. Biasanya calon konsumen akan memberikan beberapa catatan / informasi yang dibutuhkan sebelum mereka mendapatkan materi yang ditawarkan. Begitulah salah satu trik para pemasar mendapatkan informasi dari calon konsumen. Mereka menggunakan informasi itu baik untuk diri sendiri maupun untuk dijual kepada orang lain.
Contoh lain yang paling ekstrim adalah misalnya: para pemburu informasi konsumen ini memasang link yang sangat menarik (misalnya tentang sesuatu yang sendang tren, atau sesuatu yang membuat orang penasaran dan seterusnya). Akan tetapi link ini ternyata adalah sebuah jebakan yang jika diklik (diikuti) maka tanpa sengaja dan tanpa sepengetahuan dari calon konsumen, telah memberikan izin untuk menginstal software malware. Software ini men-generate / mengintai perilaku dari konsumen dalam mencari informasi di internet dengan menggunakan browser. Software ini secara cerdas menampilkan iklan dari sponsor sesuai dengan tema informasi yang sedang di-browse oleh calon konsumen. Begitulah salah satu contoh cara kotor mendapatkan informasi dari calon konsumen dengan menjebaknya.
Dari sini kita mengetahui betapa penting dan sangat berharganya informasi mengenai perilaku konsumen ini, sampai-sampai para pemburunya menggunakan cara-cara illegal atau kotor dalam mendapatkannya.
Daftar Pustaka
Mumuh Mulyana Mubarak, SE. Consumer Behavior sesi 1
http://bajirul.wordpress.com/

Penjelasan Singkat tentang Profesi


Pengertian Profesi
Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer, teknik dan desainer
Seseorang yang memiliki suatu profesi tertentu, disebut profesional. Walaupun begitu, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dari amatir. Contohnya adalah petinju profesional menerima bayaran untuk pertandingan tinju yang dilakukannya, sementara olahraga tinju sendiri umumnya tidak dianggap sebagai suatu profesi. Continue reading

Metode Audit Teknologi Informasi


Definisi umum dari audit adalah melakukan evaluasi terhadap orang, organisasi, sistem, proses, perusahaan, proyek atau produk. Istilah ini paling sering merujuk pada audit di bidang akuntansi, tapi konsep serupa juga ada pada manajemen proyek, manajemen mutu, dan untuk konservasi energi.
Karakteristik dalam kegiatan auditing antara lain:
- Objektif: independen yaitu tidak tergantung pada jenis atau aktivitas organisasi yang diaudit
- Sistematis: terdiri dari tahap demi tahap proses pemeriksaan
- Bukti yang memadai: mengumpulkan, mereview, dan mendokumentasikan kejadian-kejadian
- Kriteria: untuk menghubungkan pemeriksaan dan evaluasi bukti–bukti

Jenis-jenis Profesi


Berbagai jenis profesi dalam tataran kehidupan sosial manusia modern, antara lain:
  • Akuntan
Seorang akuntan adalah praktisi akuntansi, yang merupakan ahli pengukuran, pengungkapan atau pemberian kepastian mengenai informasi keuangan yang membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain membuat keputusan alokasi sumber daya.
  • Aktuaris
Seorang aktuaris adalah seorang profesional bisnis yang berhubungan dengan dampak keuangan risiko dan ketidakpastian. Aktuaris memberikan penilaian ahli sistem keamanan keuangan, dengan fokus pada kompleksitas, matematika, dan mekanisme. Continue reading

Menghapus Malware Hotbar “Sexiest Video Ever”

Beberapa hari ini ada temen-temanku mengirimkan / menulis di wall facebookku tentang suatu link video candid yang judulnya: “Candid Camera Prank [HQ]” dan mengatakan “this is without doubt the sexiest video ever! :P :P :P ”. Post ini disertai dengan gambar (video) pantat wanita sexy, yang tentu saja bisa bikin nafsu tergoda….
Jika link ini diklik, maka user Facebook akan diminta untuk memberikan izin kepada pemilik video untuk mengakses informasi publik, mengirimkan tulisan di wall, dan mengakses data user sewaktu-waktu. biasanya akses link video apappun tidak perlu meminta izin segala kayak gini.
Jika izin diberikan maka user diminta untuk menginstal VLC, karena FLV player udah out-of-date / kadaluarsa, padahal ini hanya instalasi tipuan untuk menginstall adware (program generator iklan) atau bahkan malware(malicious software) berbentuk Hotbar.
Untuk membuat hal ini semakin buruk, semua daftar friend dikirimi link ini, dan hal ini berulang ketika user melakukan klik untuk melihat video… Haha, jadi ketahuan deh yang suka nonton gituan!! klo kirim link sekali dia baru ‘niat’ ngeliat tuh video, klo kirim link dua kali berarti dia udah ‘liat’ video sekali, klo kirim link tiga kali atau lebih, berarti ‘maruk’ nontonnya….
Bagi rekan-rekan facebooker jika melihat video “Sexiest Video Ever” di wall-nya, jangan klik link yang ada, apalagi memberikan izin aplikasi facebook untuk diinstal.
Bagi rekan-rekan yang terlanjur menginstal hotbar, berbagai antivirus bisa menghapusnya, jadi scan dengan antivirus yang up-to-date. Hotbar ini bisa menambahkan entry di Add Remove Program yang memungkinkan untuk diuninstall. Password Facebook jangan lupa diganti, dan pastikan bahwa aplikasi sialan ini tidak lagi mendapatkan izin pada Application Settings di Facebook, walupun aplikasi ini sudah dihapus.
Sumber: http://www.mydigitallife.info/

Masalah Pokok Ekonomi

Berdasarkan pada keterbatasan pada sumber daya yang ada maka manusia harus memilih barang-barang mana yang perlu dihasilkan agar mendapatkan hasil kepuasan yang maksimum. Karenanya, timbullah 3 masalah-masalah pokok ekonomi berikut ini:
  1. Barang dan jasa apa yang akan dihasilkan (what).
  2. Bagaimana barang dan jasa itu dihasilkan (how).
  3. Untuk siapa barang dan jasa itu dihasilkan (for whom).
Continue reading